Cara Kerja Oven Microwave

20121023-060013.jpg

Apa itu Oven Microwave ?

Oven Microwave adalah alat pemasak yang menggunakan tenaga listrik yang memanfaatkan magnetron.
Saat ini penggunaan oven microwave bukanlah hal aneh lagi, hampir semua rumah tangga modern telah menggunakan alat ini.

Kecepatan dan kemudahan dalam penggunaan alat inilah yang menyebabkan banyaknya ibu rumah tangga senang membelinya sebagai perlengkapan dapurnya. Namun kalau kita2 ditanya bagaimana cara kerja alat ini, sepertinya banyak ibu-ibu rumah tangga yang tidak tahu.

Cara kerja oven Microwave.

Microwave bertenaga listrik ini memanfaatkan gelombang listrik yang dihasilkan oleh magnetron yang berada dalam oven. Gelombang listrik ini bergetar kesana kemari dengan frekuensi yang sangat tinggi. Jumlah getarannya sekitar 2,45 juta kali perdetik. Sewaktu molekul air yang ada didalam makanan terkena gelombang mikro, molekul tersebut mulai bereaksi dan bergetar dengan getaran Perdetiknya sama dengan geteran gelombang mikro.

Molekul air dalam makanan saling bertabrakan, bentuk molekul air tidaklah rata, sehingga bila saling bersinggungan dan bergesekan akan menimbulkan panas. Coba Anda gesekan kedua telapak tangan Anda, pastilah akan terasa hangat. Gesekan akan menimbulkan panas.
Nah panas yang tinggi inilah yang akhirnya membuat makanan menjadi matang.

Kelebihan alat ini selain kecepatannya dalam memasak, alat ini juga tidak menyebabkan keHANGUSan pada makanan walaupun dimasak dalam waktu yang lama. Makanan akan hangus apabila langsung memperoleh panas. Gelombang mikro dapat menembus bahan seperti kaca, porselen, bungkus plastik, namun akan dipantulkan oleh kertas aluminium. Seperti yang pernah saya pelajari di buku Widya Wiyata Pertama Anak-Anak.

Apakah penggunaan oven microwave dapat menghancurkan nutrisi dalam sayuran, atau makanan lain yang dipanaskan di microwave?
Apakah pemanasan kembali membuat perbedaan?

Penggunakan microwave aman – selama Anda mengikuti petunjuk produsen. Beberapa orang khawatir tentang microwave, berpikir bahwa microwave akan menghancurkan nutrisi dan juga meningkatkan resiko kanker. Selanjutnya mereka menghubungkan dengan iradiasi, yang merupakan tempat makanan terkena radiasi untuk menghancurkan bakteri, virus, atau serangga. Iradiasi dapat menghancurkan nutrisi dan mengubah susunan kimia makanan.

Hal ini tidak sama dengan microwave, dimana makanan menyerap energi dari gelombang elektromagnetik dan dipanaskan dalam proses.

Microwave menghancurkan bug dan mempertahankan lebih banyak nutrisi dan vitamin daripada memasak dengan cara mendidih. Ini adalah cara yang sangat aman memasak makanan – selama Anda mengikuti petunjuk produsen.

Seperti semua metode memasak, ada kemungkinan hilangnya beberapa nutrisi, seperti vitamin C, tapi karena waktu memasak dalam microwave umumnya jauh lebih singkat daripada metode lain, maka tidak sebanyak itu vitamin C akan hancur. Ini kata Jane Clarke, Good Health, Daily Mail, 2 Derry Street, London W8 5TT.

2 thoughts on “Cara Kerja Oven Microwave

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s